Saturday, January 11, 2014

Kumpulan Lagu Daerah Kalimantan MP3 dan Lirik

Kumpulan lagu daerah asal Kalimantan | MP3 dan Lirik merupakan daftar judul lagu daerah dari semua provinsi di Kalimantan. Tidak hanya menyajikan daftar judul lagunya saja, artikel ini pun memuat mp3 musik daerah dan lirik lagu daerah yang dapat di download oleh semua anggota pramuka.

Lagu daerah, termasuk diantaranya adalah lagu daerah Kalimantan, menjadi salah satu hal yang patut diketahui oleh setiap pramuka. Dengan mengenal lagu dari masing-masing daerah di Indonesia, seorang pramuka secara tidak langsung telah menghargai dan memelihara salah satu budaya bangsa.

Jika ingin mempelajari berbagai lagu dan yel pramuka serta lagu wajib Nasional klik:
Bagi seorang pramuka siaga pengenalan terhadap lagu daerah, menjadi materi dalam SKU Siaga Mula. Pada syarat ketujuh disebutkan: "Dapat menyebutkan  salah satu seni budaya di daerah tempat tinggalnya". Yang kemudian ditingkatkan pada syarat ketujuh SKU Siaga Bantu yaitu "Dapat menyebutkan sedikitnya 5 macam seni budaya yang ada di Indonesia", serta pada syarat ketujuh SKU Siaga Tata yaitu "Dapat memperagakan satu macam kegiatan seni budaya asal daerahnya". Hal senada tertuang dalam SKU Penegak Bantara, pada syarat kesepuluh disebutkan "Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali" serta pada syarat kesepuluh di SKU Penegak Laksana disebutkan "Dapat memimpin kelompok dalam menampilkan salah satu jenis kesenian daerah". Seni budaya daerah dan kesenian daerah di sini salah satunya adalah mengenal dan menguasai lagu daerah.

Untuk golongan pramuka penggalang penguasaan terhadap lagu daerah pun tertuang sebagai salah satu syarat kecakapan umum. Dalam SKU Penggalang Ramu syarat ke-16 menyebutkan; "Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara". Dilanjutkan pada SKU Penggalang Terap syarat ke-16 disebutkan; "Dapat memimpin lagu Indonesia Raya di depan orang lain pada suatu upacara. Dapat menyanyikan 4  lagu wajib, 3 lagu daerah tempat tinggalnya dan 3 macam lagu daerah lainnya".

pramuka kalimantan pramukaria
Pramuka dengan pakaian daerah Kalimantan Selatan

Untuk itulah Blog Pramukaria mem-posting Seri Daftar Lagu Daerah di Indonesia yang dilengkapi dengan file mp3 dan lirik lagu. Dalam kesempatan kali ini yang akan kita pelajari adalah kumpulan lagu daerah asal Kalimantan. Sedangkan untuk daerah lainnya akan diposting di kemudian hari.

Daftar Judul Lagu Daerah Kalimantan

Dalam kumpulan lagu daerah Kalimantan ini selain berisikan daftar judul lagu pun dilengkapi dengan link untuk mengunduh file mp3 dan teks lirik lagu dari masing-masing lagu daerah tersebut. Berikut daftar lengkapnya.


No Nama Lagu Asal Daerah Download MP3
1 Ampar-Ampar Pisang Kalimantan Selatan MP3
2 Bawi Kuwu Kalimantan Tengah MP3
3 Bebilin Kalimantan Utara MP3
4 Cik-Cik Periuk Kalimantan Barat MP3
5 Indung-Indung Kalimantan Timur MP3
6 Kalayar Kalimantan Tengah MP3
7 Manasai Kalimantan Tengah MP3
8 Naluya Kalimantan Tengah MP3
9 Oh Adingkoh Kalimantan Timur MP3
10 Oh Indang Oh Apang Kalimantan Tengah MP3
11 Palu Lempong Popi Kalimantan Tengah MP3
12 Paris Barantai Kalimantan Selatan MP3
13 Saputangan Bapuncu Ampat Kalimantan Selatan MP3
14 Tumpi Wayu Kalimantan Tengah MP3

Untuk mendengarkan atau mendownload musik lagu daerah asal kalimantan tersebut, klik tulisan MP3 di samping kanan judul lagu daerah. Sedangkan untuk membaca lirik lagu daerah, klik link berikut : LIRIK.

Itulah kumpulan lagu daerah asal Kalimantan. Sedangkan untuk lagu daerah lainnya semisal asal Sumatera, Jawa, Madura, Bali Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan di-post di lain kesempatan.

3 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon