Wednesday, May 20, 2015

Pemasangan Atribut (Tanda Pengenal) Siaga di Seragam Pramuka

Pemasangan atribut atau tanda pengenal di seragam pramuka untuk pramuka siaga. Berbagai macam tanda pengenal (kadang disebut juga sebagai atribut) harus dipasang di pakaian seragam pramuka siaga. Atribut-atribut untuk pramuka siaga tersebut mulai dari tanda tutup topi, tanda pelantikan dan WOSM (pandu dunia), papan nama, tanda lokasi, gudep, dan badge wilayah. Juga tanda barung dan TKU (Tanda Kecakapan Umum), serta TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Baca juga: Macam-Macam Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka

Pemasangan atribut tersebut ada yang sama antara pramuka siaga putri dan putra namun terdapat juga beberapa atribut yang bentuk dan tempat pemasangannya berbeda. Pemasangan tersebut akan kita bahas dan uraikan masing-masing di bawah.

Untuk pakaian seragam pramuka siaga, baca : Jukran Pakaian Seragam Pramuka 2012

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Siaga


Sebelum pembahasan lebih lanjut, simak terlebih dahulu gambar pemasangan atribut di seragam pramuka untuk pramuka putri dan pramuka putra, sebagai berikut :

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri
Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putri

Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra
Pemasangan Atribut Pramuka Siaga Putra

Penjelasan Pemakaian Atribut Pramuka Siaga

Bentuk dan pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka siaga adalah sebagai berikut:

  1. Tanda Tutup Kepala; Berbentuk lingkaran (putri) dan jajargenjang (putra) dengan warna dasar hijau. Dipasang di topi pramuka bagian depan.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  6. Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil.
  7. Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.
  9. Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.
Selain tanda-tanda (atribut) sebagaimana tersebut di atas, pakaian seragam pramuka pun dapat dipasangi tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana dan tanda pramuka garuda, dan tanda perhargaan lainnya. Lencana pramuka garuda (berbentuk mendali dengan pitanya) dikalungkan di leher bersama dengan setangan leher pramuka. Tanda pramuka garuda, dan tanda penghargaan (semisal bintang tahunan) dikenakan di dada baju sebelah kiri, di atas lipatan baju. Sedangkan tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dipasang sesuai dengan ketentuan tiska tersebut.


4 comments


EmoticonEmoticon