Wednesday, March 29, 2023

Edaran Karya Bakti Pramuka pada Idul Fitri 2023

Seperti biasa, menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini, Gerakan Pramuka akan kembali menggelar Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya ldul Fitri Tahun 2023. Hal ini dipastikan melalui Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0112-00-E, tertanggal 15 Maret 2023.


Sesuai surat edaran yang Pramukaria dapatkan dari laman resmi pramuka.or.id, Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka sebagai bentuk ikut serta membantu masyarakat yang melakukan mudik, rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan bakti tersebut sebagai wujud pengamalan Satya dan Darma Pramuka dalam rangka mengukuhkan citra Gerakan Pramuka.


Masih menurut surat edaran tersebut, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023 M/1444 H, Kwarnas menghimbau Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia agar dapat melaksanakan Karya Bakti Pramuka. Kegiatan Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya ldul Fitri 1444 Hijriyah ini akan digelar mulai pada hari H-7 sampai hari H+7.

Karya Bakti Pramuka


Kegiatan yang diharapkan mengikutsertakan anggota pramuka ini dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti:

  • memberikan bantuan informasi dan kelancaran arus mudik bagi pengguna kendaraan roda empat atau roda dua di jalur-jalur padat pemudik
  • membagikan masker
  • membagikan takjil gratis
  • membantu pemudik perorangan maupun massal yang melaksanakan mudik di stasiun, terminal, pelabuhan, bandara, tempat-tempat umum

Anggota pramuka yang terlibat aktif dalam kegiatan Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya ldul Fitri 1444 Hijriyah dapat diberikan piagam penghargaan dan Tanda Ikut Gotong Royong (TIGOR).

TIGOR atau Tanda lkut Gotong Royong merupakan salah satu jenis Tanda Pengenal Dalam Gerakan Pramuka berjenis Tanda Kehormatan yang diberikan kepada peserta didik anggota Gerakan Pramuka, layaknya TISKA (Tanda Ikut Serta Kegiatan).

Terkait dengan pelaksanaan Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya ldul Fitri 1444 Hijriyah selengkapnya sila baca dan unduh Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor 0112-00-E sebagaimana di bawah.

Dan untuk kesemua anggota pramuka, mari kita mewujudkan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka dengan ikut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya ldul Fitri Tahun 2023 M atau 1444 Hijriyah ini.

Add Comments


EmoticonEmoticon