Sunday, August 4, 2013

Lomba Karya Tulis Kepramukaan

Lomba Karya Tulis Kepramukaan ini diselenggarakan oleh Kwartir Nasional gerakan Pramuka dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-52 Tahun 2013. Lomba Karya Tulis Kepramukaan kali ini berlaku bagi wartawan dan umum.

Tema utama yang diangkat dalam lomba Karya Tulis Kepramukaan dalam rangka Hari Pramuka ke-52 Tahun 2013 adalah “Pramuka Wadah Pembinaan Karakter Kaum Muda” dengan beberapa sub tema (tema pilihan) yang antara lain:
  1. Kegiatan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah
  2. Menjadikan Kegiatan Kepramukaan Modern dan Disuklai Kaum Muda
  3. Keberadaan Pembina Pramuka sebagai Sumber Daya Utama Pembinaan Kepramukaan
  4. Menjadikan Pramuka sebagai Duta Perdamaian dan Lingkungan
  5. Pramuka Membantu Menciptakan Dunia yang Lebih Baik
lomba-karya-tulis-pramuka
Poster lomba karya tulis pramuka

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyediakan hadiah kepada tiga orang pemenang masing-masing untuk Juara I, Juara II, dan Juara III berupa uang, sertifikat, dan tropy penghargaan. Hadiah uang untuk masing-masing Juara I, Juara II, dan Juara III adalah Rp. 10.000.000, Rp 7.500.000, dan Rp 5.000.000.

Persyaratan Lomba Karya Tulis Kepramukaan

Lomba Karya Tulis Kepramukaan dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-52 Tahun 2013 mensyaratkan karya tulis yang diikutsertakan dalam lomba merupakan karya tulis berbentuk feature, artikel, atau ulasan yang berisikan investigasi tentang kepramukaan sesuai dengan tema.

Karya tulis tersebut telah dimuat pada surat kabar, media cetak atau media online kurun waktu Maret s.d September 2013. Ketentuan lomba lainnya adalah:

  1. Naskah ditulis/dimuat pada media tulis (SKH/SKM, Media Online dan Majalah) medio bulan Maret 2013 sampai dengan September 2013.
  2. Naskah asli adalah hasil karya perseorangan atau bersama yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba.
  3. Karya Tulis dikirim dalam bentuk kliping asli, foto copy dan link media online paling lambat tanggal 30 September 2013 (sudah diterima panitia). Dikirim kepada  panitia pelaksana, Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka, Jl. Medan Merdeka Timur Nomor 6, Jakarta Pusat 10110
  4. Pengiriman naskah dapat dikirim langsung atau melalui pos
  5. Pada sampul sudut kiri atas ditulis dengan huruf kapital “LOMBA KARYA TULIS KEPRAMUKAAN. Disertai identitas diri dan keterangan tertulis berisikan nama, alamat dan nomor kontak yang mudah dihubungi.
  6. Panitia tidak melayani surat-menyurat dengan peserta lomba
  7. Hasil lomba ditetapkan Juara I, Juara II, Juara III.
  8. Setiap pemenang akan memperoleh Piagam Penghargaan, trophy tetap serta hadiah uang tunai.
  9. Hadiah bagi pemenang I akan disampaikan pada acara Musyawarah Nasional (MUNAS) Gerakan Pramuka. Akomodasi, konsumsi dan transportasi PP (pesawat) untuk menerima hadiah akan ditanggung panitia.
  10. Keputusan Panitia dan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
Selain lomba Karya Tulis Kepramukaan yang terbuka bagi wartawan dan masyarakat umum, Kwartir Nasional juga akan mengadakan penghargaan kepada Media Cetak/Online dan Televisi atas peran sertanya dalam pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka. Peran serta berupa penerbitan berita, reportase, feature, artikel, ulasan, foto kegiatan dan lainnya tentang kepramukaan selama kurun waktu 2009 sampai dengan September 2013.

Penilaian akan didasarkan kepada kliping yang ada di Kwartir Nasional Gerakan Pramuka atau kiriman dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka serta kiriman dari media yang bersangkutan.

Sumber: Fans Page Kwartir Nasional dengan beberapa editing.

Add Comments


EmoticonEmoticon