Friday, August 2, 2013

Mengikuti Joti via mIRC | Instal dan Setting mIRC

Mengikuti Joti via mIRC | Instal dan Setting mIRC. Mengikuti Joti memang bisa dengan berbagai layanan, namun yang paling direkomendasikan adalah menggunakan aplikasi mIRC. Karena itu menjelang dilaksanakannya dilaksanakannya Jamboree On The Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jambore On The Internet (Joti) Nasional ke-31 serta partisipasi dalam 9th Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree Tahun 2013 yang akan dibuka secara resmi hari ini (2 Agustus) pukul 16.00 WIB, kami sampaikan cara mengikuti JOTI dengan menggunakan mIRC sekaligus cara instal mIRC dan cara settingnya.

Untuk mengikuti JOTI kita bisa bergabung di stasiun-stasiun penyelenggara JOTA-JOTI yang biasanya didirikan oleh Kwarcab dan DKC. Selain itu, kita juga bisa melakukan JOTi secara mandiri di rumah ataupun di mana saja selama memiliki perangkat komputer, laptop atau sejenisnya, koneksi internet, dan tentunya program chat. Kita akan mencoba menggunakan program chat mIRC, program yang paling direkomendasikan dalam JOTI.

Joti-via-mIRC
Joti dengan menggunakan mIRC

Cara Instal dan Setting mIRC untuk JOTI

Berikut adalah langkah-langkah mengikuti Joti via mIRC, mulai dari download program chat, hingga cara install dan cara melakukan konfigurasi atau setting.
  • Pertama kali, sila download program mIRC terbaru (mIRC v7.32) di http://www.mirc.com/get.html atau klik di sini.
  • Setelah terdownload, sila instal
  • Untuk langkah-langkah instal dan setting mIRC agar bisa digunakan untuk ber-JOTI silakan simak video tutorial berikut yang sebelumnya telah diupload ke youtube. Untuk menonton video, klik tombol panah (segitiga) putih di tengah-tengah video.


Jangan lupa untuk mendaftarkan diri (registrasi) sebagai peserta JOTA dan JOTI secara online di www.jota-joti.org. Panduannya bisa disimak di artikel: Cara Registrasi Peserta JOTA-JOTI

Selain menggunakan mIRC kita dapat juga mengikuti JOTI dengan menggunakan fasilitas chat dari mibbit dengan mengunjungi http://mibbit.com/ (tetapi harus mendaftar terlebih dahulu, meskipun gratis). Atau kalau tidak ingin ribet, bisa memanfaatkan widget di sini. Caranya cukup mudah, tanpa perlu daftar, tanpa perlu log in, tidak perlu instal program, tinggal klik langsung online. Langsung saja menuju ke: Halaman Joti Indonesia

Akhirnya, selamat menggunakan mIRC untuk ikut JOTI Jambore On The Internet (Joti) Nasional ke-31 serta partisipasi dalam 9th Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree Tahun 2013. Mumpung kegiatan JOTA-JOTI Nasional dan Regional 2013 ini masih akan berlangsung hingga 4 Agustus mendatang.

1 comment


EmoticonEmoticon