Sunday, August 17, 2014

Topi Pramuka Penggalang Penegak Pandega Putri

Topi untuk Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega Putri berubah. Tutup kepala untuk golongan Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega Putri ini mengalami perubahan sejalan dengan diberlakukannya SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka. Di mana dalam tahun ini, seharusnya semua anggota Gerakan Pramuka telah memakai seragam pramuka sesuai dengan ketentuan dalam petunjuk penyelenggaraan tersebut.

Dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka sebelumnya (Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007), tutup kepala untuk Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega Putri terbuat dari anyaman bambu berwarna coklat muda. Bentuknya topi bulat dengan lidah topi selebar 3,5 cm.

Sedangkan dalam petunjuk penyelenggaraan seragam pramuka terbaru (SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012), tutup kepala tutup kepala untuk Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega Putri dibuat dari bahan kain laken atau beludru dengan warna coklat tua. Bentuknya tetap topi bulat namun lidah topinya sedikit lebar, yaitu 4 cm.

Baca juga :



Penampakan dari topi atau penutup kepala untuk pramuka putri sebagai mana diuraikan di atas tersebut dapat dilihat dari gambar berikut :

Topi Pramuka Putri
Topi Pramuka Putri

Topi Pramuka Putri
Topi Pramuka Putri
Bandingkan dengan bentuk dan model topi pramuka putri yang lama :

Topi Lama Pramuka Putri
Topi Lama Pramuka Putri

1 comment


EmoticonEmoticon