Thursday, November 27, 2014

Lagu Alternatif Api Unggun, Indah Api Merah

Banyak lagu yang bisa dinyanyikan untuk mengiringi Upacara Penyalaan Api Unggun dalam kegiatan kepramukaan (lagu Api Unggun). Salah satu dari banyak lagu api unggun tersebut adalah sebuah lagu berjudul Indah Api Merah. Lagu dengan judul Indah Api Merah ini menjadi salah satu alternatif lagu pramuka yang dapat digunakan sebagai pengiring dalam Upacara Penyalaan Api Unggun. Lagu ini bisa dinyanyikan sejenak setelah api unggun menyala.

Lagu Indah Api Merah, akan sangat cocok dan menyentuh jika diperdengarkan secara paduan suara. Sesaat setelah prosesi penyalaan api unggun, atau sesaat setelah petugas penyalaan api unggun kembali ke tempatnya, lagu Indah Api Merah diperdengarkan. Bisa menjadi pengantar yang cukup bagus sebelum kemudian Pembina Upacara memberikan sekapur sirih atau sambutan dalam upacara tersebut.

Lirik lagu pramuka ini sangat puitis. Sehingga dengan memperdengarkan lagu ini akan mampu menambah sahdu dan khidmat upacara yang dilakukan. Di samping itu, makna dan amanat yang terkandung dalam lirik lagu Indah Api Merah akan mampu menginspirasi setiap pendengarnya untuk menggelorakan semangat para Pramuka dalam mengabdi kepada nusa, bangsa, dan agama. Berkobarnya api unggun di malam yang sepi tenang, menyala dan bergelora, bersama menjilat-jilat, tegak tinggi menjulang ke atas. Api unggun yang memberi terang dan hangat kepada setiap makhluk tanpa membeda-bedakan.



Adapun lirik lagu Indah Api Merah selengkapnya adalah sebagai berikut :

Indah Api Merah

Kala hari sudah malam
Alamnya pun tentram
Suara sepi terdengar
Nenang hati benak
Menyala lah unggun api
Menjilat-jilat berseri
Indah api merah

Kalau kita duduk rukun
Di sekitar unggun
Maka orang pun mengerti
Apa yang terjadi
Kita rembuk kita cerita
Jalan nuju cita-cita
Indah api merah

Lihat lah api berseri
Nyalanya menari
Antara rumput dan kayu
Riang dan merayu
Tinggi rendah nyala api
Terang gelap ganti-ganti
Indah api merah

Unggun api wujud api
Kurnia Ilahi
Selalu ingatkan kami
Kan wajib yang suci
Memb'ri hangat memb'ri terang
Pada kawan dan tiap orang
Indah api merah

Untuk nada lagu Indah Api Merah, Kakak-kakak dan Adik-adik Pramuka bisa menyaksikan video lagu Indah Api Merah berikut ini.


Itulah salah satu lagu pramuka yang bisa dipilih sebagai alternatif lagu dalam upacara Penyalaan Api Unggun dalam kepramukaan. Semoga makin memperkaya materi latihan dan kegiatan kepramukaan di tiap-tiap gugusdepan kita.

Add Comments


EmoticonEmoticon