Sunday, August 2, 2020

Tema dan Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Sebentar lagi, 17 Agustus 2020 adalah puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemerintah, melalui Kementerian Sekretariat Negara telah meluncurkan tema dan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Bagi para pramuka se-Indonesia, logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 menjadi salah satu bentuk pengungkapan rasa syukur sebagai bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang telah dicapai. Hal ini juga sebagai pengalaman dari kode kehormatan seorang pramuka yang harus mencintai bangsa dan negaranya.

Logo peringatan Hari Proklamasi Kemedekaan RI tahun 2020 ini kembali tampil dengan sederhana. Bentuknya terinspirasi dengan perisai pada lambang Garuda Pancasila, dengan warna full merah. Ditengahnya terdapat konfigurasi garis yang membentuk angka "75". Angka ini merujuk pada usia kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati tahun 2020 ini.

Di bagian bawah logo disertakan tema peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, "Indonesia Maju".

Tema dan Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020


Penampakan logo dan tema peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 adalah sebagai berikut

Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020
.
Keduanya merupakan logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dalam bentuk premier dengan warna putih dan merah. Tulisan tema HUT RI, "Indonesia Maju" ditulis dalam dua baris di bagian bawah logo.

Selain dalam bentuk premier, Setneg juga merilis logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dalam format horizontal dan extreme horizontal. Penampakan logo tersebut adalah sebagai berikut.

Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Makna Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020


Dilansir dari pedoman penggunaan tema dan logo yang telah dipublikasikan Sekretarian Negara, logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan Rl 75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Sedang tema, Indonesia Maju, adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

Bagi para pramuka yang ingin mengunduh logo dalam format yang lebih lengkap, silakan pilih dan unduh melalui TAUTAN BERIKUT.

Itulah tema dan logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 yang telah dipublikasikan secara resmi oleh Sekretarian Negara.

Add Comments


EmoticonEmoticon