Saturday, April 1, 2023

Raimuna Nasional XII Tahun 2023

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 atau disingkat Rainas XII segera digelar. Berdasar Petunjuk Pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Raimuna Nasional XII akan diselenggarakan pada tanggal 14 - 21 Agustus 2023. Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, akan menjadi lokasi pertemuan akbar para pramuka penegak se-Indonesia ini.


Raimuna Nasional adalah ajang pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia. Menurut bahasa, Raimuna merupakan bahasa Ambai (Yapen Waropen, Papua), dimana "Rai" memiliki arti "sekumpulan orang dengan tujuan tertentu" dan "Muna" yang berarti "kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan". Raimuna sebagai sebuah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar digelar berjenjang mulai dari Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, hingga Raimuna Nasional.


Raimuna Nasional XII 2023

Pada penyelenggaraan di tahun 2023 ini, Raimuna Nasional yang akan digelar pada 14 - 21 Agustus 2023 merupakan kali penyelenggaraan yang kedua belas. Semula, Raimuna XII direncanakan untuk diselenggarakan pada tahun 2022. Namun karena pandemi Covid-19, maka Kwarnas memutuskan untuk mengubah waktu pelaksanaan Raimuna Nasional XII menjadi tahun 2023.


Sebelumnya, Raimuna Nasional XI juga digelar di Cibubur pada 13-21 Agustus 2017 dan Rainas X digelar di Jayapura, Papua, pada 8 – 15 Oktober 2012.


Sebagai Raimuna Nasional, kegiatan akbar ini akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega utusan dari seluruh Kwartir Cabang se-Indonesia. Dimana setiap Kwartir Cabang akan mengirimkan 3 umpi Putra dan 3 umpi Putri yang masing-masing umpi beranggotakan 8 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Sehingga setiap Kwarcab berhak untuk mengirimkan maksimal 48 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.


Peserta Raimuna Nasional masih ditambah dari utusan Gugus Depan Berpangkalan di KBRI. Juga para Rover Scout, utusan kepanduan luar negeri.


Baca: Sejarah dan Daftar Pelaksanaan Raimuna Nasional


Logo, Maskot, Tema, dan Slogan Raimuna XII


Sebagaimana Pramukaria kutip dari Juklak, Raimuna Nasional XII Tahun 2023 mengambil tema "Pramuka Hebat Indonesia Bangkit" dengan slogan "BANGKIT (Bangun Generasi Kita)" dan motto "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan".


Logo Raimuna Nasional XII Tahun 2023 adalah sebagai berikut.


Logo Raimuna Nasional XII 2023

Sedangkan maskot Raimuna Nasional XII 2023 adalah sebagai berikut.


Maskot Raimuna Nasional XII 2023

Terkait seleksi peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023, tentu di beberapa Kwartir Cabang saat ini sudah menggelarnya. Dan beberapa lainnya mungkin tengah melakukannya. Bagi Penegak dan Pandega yang terpilih untuk mewakili Kwarcab-nya dalam Raimuna Nasional XII 2023, tentu menjadi kebanggaan tersendiri yang tidak ternilai.

Add Comments


EmoticonEmoticon