Saturday, May 13, 2023

Atribut Pramuka Penggalang Putri: Daftar dan Cara Pemasangannya

Atribut pramuka penggalang putri di pakaian seragam pramuka. Baik daftar atribut maupun cara pemasangan atribut bagi pramuka penggalang putri. Tentu, pemasangan atribut ini tidak boleh asal karena ada tata cara dan aturannya.


Bagaimana juga dengan pramuka penggalang putri yang mengenakan jilbab? Dan apa berbedaan antara atribut yang dikenakan oleh pramuka penggalang putri yang sekolah di SD dan SMP?


Atribut pramuka merujuk pada berbagai tanda pengenal yang dipasang pada pakaian seragam pramuka. Terkait dengan tanda pengenal atau atribut ini, sebelumnya Pramukaria telah menerbitkan artikel, Macam-Macam Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka.


Atribut Pramuka Penggalang Putri

Jenis, daftar, dan cara pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka penggalang agak berbeda antara pramuka penggalang putra dan penggalang putri. Terdapat atribut yang sama tetapi ada juga yang berbeda baik pada bentuk maupun tata cara memasangnya.


Daftar dan Cara Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putri


Tanda pengenal atau atribut untuk pramuka penggalang secara garis besar terdiri atas tanda tutup kepala, tanda WOSM (pandu dunia), tanda pelantikan, papan nama, tanda gudep, tanda lokasi, dan lencana daerah. selain itu, juga Tanda Kecakapan Umum Penggalang (manggar), Tanda Kecakapan Khusus (TKK), dan tanda jabatan (pratama, pemimpin regu, atau wakil pemimpin regu).


Berikut ini ada daftar dan cara pemasangan yang benar atribut pramuka penggalang putri di pakaian seragam pramuka.


1. Tanda Tutup Kepala


Tanda tutup topi pramuka penggalang puti berbentuk lingkaran dengan warna dasar merah, berbahan besi, plastik, atau sejenisnya. Di dalamnya memuat gambar tunas kelapa, padi dan kapas, serta tulisan Gerakan Pramuka. 


Pemasangan tanda tutup kepala ini disematkan di topi pramuka, tepat di tengah-tengah bagian depan.


Ini berbeda dengan penggalang putra di mana tanda tutup kepala berbentuk segi delapan dan dipasang di bagian kiri kabaret pramuka.


tanda tutup kepala termasuk salah satu tanda umum dalam sistem tanda pengenal gerakan pramuka. Sehingga tanda ini dikenakan oleh semua pramuka penggalang tanpa terkecuali.


2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)


Pada pramuka penggalang putri, tanda pandu dunia atau WOSM berbentuk lingkaran  dengan warna dasar ungu.


Tanda pandu dunia untuk pramuka penggalang putri di pasang di kerah baju sebelah kanan.


Bentuk dan pemasangannya ini berbeda dengan pramuka putra. Di mana untuk pramuka putra tanda WOSM berbentuk bujur sangkar dan dipasang di dada sebelah kanan.


Sebagaimana tanda tutup kepala, tanda pandu dunia termasuk tanda umum dalam gerakan pramuka. Sehingga tanda ini dikenakan oleh semua anggota pramuka.


3. Tanda Pelantikan


Tanda pelantikan penggalang putra dan putri berbeda. Bagi pramuka penggalang putri, tanda pelantikan berbentuk lingkaran dengan warna dadar cokelat tua. 


Tanda pelantikan pada pakaian seragam pramuka penggalang putri dipasang di kerah baju sebelah kiri, berseberangan dengan tanda pandu dunia.


Tanda pelantikan pun termasuk dalam kelompok tanda umum. Sehingga tanda pelantikan ini dikenakan oleh semua anggota pramuka penggalang.


4. Tanda Regu


Tanda regu penggalang putra dan putri memiliki bentuk dan cara pemasangan yang sama. Sama-sama berbentuk bujur sangkar. Bedanya, untuk penggalang putri di dalamnya memuat gambar siluet bunga  sedangkan untuk penggalang putra berupa siluet binatang.


Gambar pada tanda regu ini tentunya disesuaikan dengan nama regunya masing-masing. Jika regunya melati maka gambarnya adalah siluet bunga melati, pun jika anggota regu kenanga maka gambarnya adalah siluet bunga kenanga.


Tanda regu, pada pakaian seragam pramuka, dipasang di lengan baju kiri di bagian paling atas. Tepat di atas Tanda Kecakapan Umum (TKU). 


5. Tanda Kecakapan Umum


Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penggalang, biasa disebut manggar, mempunyai bentuk dan pemasangan yang sama antara penggalang putra dan putri. Bentuknya menyerupai huruf V berwarna dasar merah. Di dalamnya terdapat gambar manggar kelapa berwarna putih.


TKU Penggalang terdiri atas tiga tingkatan yaitu Ramu dengan satu manggar, Rakit (dua manggar), dan Terap (tiga manggar).


Tanda Kecakapan Umum hanya boleh digunakan setelah seorang pramuka menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk setiap tingkatnya. Jadi seorang pramuka penggalang putri yang belum dilantik dan menyelesaikan SKU Penggalang Ramu maka tidak perlu mengenakan tanda ini pada pakaian seragamnya. 


Pemasangan TKU pada lengan baju kiri di bagian bawah tanda regu.


6. Tanda Lokasi Kwarcab


Tanda lokasi kwarcab merupakan atribut pada pakaian seragam pramuka yang memuat nama Kwartir Cabang (kabupaten atau kota) di mana seorang pramuka tergabung. Berwarna dasar putih dengan tulisan nama kabupaten atau kota berwarna merah.


Tanda Lokasi Kwarcab memiliki bentuk dan cara pemasangan yang sama untuk semua anggota pramuka baik siaga, penggalang, penegak, pandega, maupun pembina. Pun bagi pramuka putra maupun puti. Pemasangannya pada lengan baju kanan di bagian paling atas, tepat di atas tanda gudep.


7. Tanda Gudep


Tanda gudep berbentuk persegi panjang berwarna dasar putih dengan memuat kode Kwartir ranting dan gugus depan dimana seorang pramuka bergabung.


Untuk pramuka penggalang putri, pemasangannya pada lengan baju kanan di antara tanda lokasi kwarcab dan lencana daerah. 


Bentuk dan cara pemasangan ini berlaku juga untuk tingkatan pramuka lainnya.


8. Lencana Daerah


Lencana daerah disebut juga badge daerah merupakan atribut pramuka yang memuat lambang Kwartir Daerah (provinsi) di mana pramuka tersebut tinggal.


Lencana daerah berbentuk perisai dengan nama provinsi di bagian atasnya. Layaknya tanda lokasi kwarcab tanda ini memiliki aturan bentuk dan pemasangan yang sama untuk semua tingkatan pramuka dan jenis kelamin.


Pemasangan lencana daerah adalah pada lengan baju kanan, tepat di bawah tanda gudep.


9. Tanda Kecakapan Khusus


Tanda Kecakapan Khusus atau TKK pramuka penggalang memiliki tiga bentuk sesuai tingkatannya. Yaitu Purwa berbentuk lingkaran, Madya (persegi), dan Utama (segi lima). TKK memuat gambar sesuai keterampilan, kecakapan, dan keahlian yang dimiliki.


TKK hanya dikenakan oleh pramuka yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus.


TKK dipasang di lengan baju kanan di sebelah kanan, kiri, dan bawah Lencana Daerah. Pada lengan baju ini, paling banyak dipasang lima buah TKK.


Cara pemasangan TKK pada pakaian seragam ini tidak hanya berlaku pada anggota pramuka penggalang putri saja tetapi juga untuk anggota putra.


10. Papan Nama


Papan nama merupakan atribut pramuka berbentuk persegi panjang berwarna cokelat muda dengan tulisan nama diri pemiliknya.


Papan nama dipasang di dada sebelah kiri. Untuk pramuka penggalang putri, pemasangannya tepat di atas saku baju.


11. Tanda Jabatan


Tanda jabatan pada seorang pramuka penggalang terdiri atas tiga jenis yaitu tanda Pratama (bersusun tiga), tanda Pemimpin Regu (bersusun dua), dan tanda Wakil Pemimpin Regu (satu susun). Ketiganya berwarna merah.


Sesuai namanya, tanda jabatan dikenakan oleh pramuka penggalang yang menjabat sebagai Pratama dalam pasukan penggalang, atau sebagai pemimpin regu dan wakil pemimpin regu dalam regunya.


Pemasangannya di saku baju kiri.


12. Kacu Leher


Mulai tahun 2012, bentuk kacu leher pramuka putri sama dengan pramuka putra. Yakni berbentuk segitiga dengan dilipat sehingga warna merah dan putihnya membentuk pola. Baca: Setangan Leher Pramuka Ukuran dan Cara Memakai


Atribut Pramuka Penggalang Putri Berjilbab


Bagaimana dengan pramuka penggalang yang mengenakan jilbab. Apakah atribut yang dikenakan tetap sama atau justru berbeda?


Jawabnya singkat, sama.


Tidak ada perbedaan antara atribut bagi pramuka penggalang yang mengenakan jilbab maupun tidak.


Pun, dalam pemakaian topi pramuka, pramuka penggalang putri yang mengenakan jilbab tetap harus mengenakan topi pramuka lengkap dengan tanda tutup kepalanya.


Yang sedikit berbeda adalah cara mengenakan kacu leher atau setangan leher pramuka. Dimana bagi pramuka putri yang mengenakan jilbab bisa mengenakan kacu leher dengan salah satu di antara dua cara yakni di kerah baju atau dikalungkan di luar jilbabnya.


Atribut Pramuka Penggalang Putri SD dan SMP


Pertanyaan berikutnya adalah apakah ada perbedaan antara atribut yang digunakan oleh pramuka penggalang SD dan SMP, khususnya penggalang putri?


Jawabnya, tidak ada perbedaan.


Itulah atribut pramuka penggalang putri. Baik daftar atribut maupun aturan dan cara pemasangannya di pakaian seragam pramuka penggalang. Pun terkait dengan perbedaan antara atribut pramuka penggalang di SD dan di SMP, juga penggalang putri yang berjilbab dan tidak mengenakan jilbab.

Add Comments


EmoticonEmoticon