Saturday, May 27, 2023

Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Tema dan logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 telah ditetapkan oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Penetapan tema dan logo Hari Lahir Pancasila 2023 tersebut termuat dalam Surat Edaran Kepala BPIP Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.


Dengan dirilisnya tema, tagline, dan logo Hari Lahir Pancasila ini menandai peringatan Hari Lahir Pancasila yang rutin digelar setiap tanggal 1 Juni.


Logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Hari Lahir Pancasila merupakan salah satu hari peringatan nasional sekaligus hari libur yang ditetapkan pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.


Tanggal 1 Juni merujuk pada peristiwa saat Ir. Soekarno yang berpidato tentang konsep awal Pancasila dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).


Baca: Contoh Logo Kegiatan Penggalang


Tema dan Tagline Hari Lahir Pancasila 2023


Merujuk pada Surat Edaran Kepala BPIP Nomor 1 Tahun 2023, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.


Dengan tambahan tagline yang berbunyi, “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.


Baca: Contoh Logo Kemah Hari Pramuka dan Kemerdekaan


Logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023


Logo Hari Lahir Pancasila terdiri atas gambar ilustrasi burung garuda, sayap berjumlah 5 helai, dan tanda panah ke atas di sekitar leher burung garuda. Juga terdapat ilustrasi berupa ikon masyarakat yang saling berpegang tangan.


Kesemua ilustrasi pada logo Hari Lahir Pancasila tersebut membentuk lingkaran.


Gambar logo peringatan Hari Lahir Pancasila adalah sebagai berikut.


Baca: Tema dan Logo Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023


Makna Logo Hari Lahir Pancasila 2023


Masih merujuk pada Surat Edaran Kepala BPIP Nomor 1 Tahun 2023, logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tersebut memiliki serangkaian makna.


Makna logo Hari Lahir Pancasila tersebut adalah:


  • Ilustrasi / ikon masyarakat berpegang tangan, melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia
  • Arrow / tanda panah ke atas, melambangkan pertumbuhan global
  • Ilustrasi burung garuda, mempresentasikan simbol negara (Pancasila), semangat Pancasila, semangat juang bangsa Indonesia.
  • Syap berjumlah 5 helai, mempresentasikan akan nilai-nilai Pancasila
  • Membentuk lingkaran, melambangkan bola dunia sebagai wujud peradaban dunia


Download Logo Hari Lahir Pancasila 2023


Bagi yang menginginkan gambar logo Hari Lahir Pancasila dalam resolusi yang besar, baik dalam format PNG transparan, maupun logo vektor, sila unduh melalui tombol download di bawah.
Dengan mengetahui tema dan logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tersebut, semoga tidak hanya membuat perayaan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 semakin meriah namun juga mampu menumbuhkembangkan jiwa-jiwa pancasilais dalam setiap diri kita.

Add Comments


EmoticonEmoticon