Tuesday, July 30, 2013

Arti Tanda Kecakapan Umum Penegak

Arti Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak; Tanda Kecakapan Umum Penegak yang biasa dipasang di kedua pundak baju seragam pramuka bukan sekedar tanda tanpa arti. Sebaliknya, dari setiap komponennya terkandung arti dan makna filosofi yang dalam.

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak merupakan salah satu Tanda Kecakapan (bagian dari Tanda Pengenal) dalam Gerakan Pramuka. Tanda ini dikenakan bagi para pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak.

Sesuai dengan tingkatan dalam Kecakapan Umum (SKU) Penegak, TKU untuk pramuka penegak memiliki dua tingkatan yaitu TKU Penegak Bantara dan TKU Penegak Laksana. Antara kedua Tanda Kecakapan tersebut hanya dibedakan dengan tulisan "BANTARA" atau "LAKSANA" yang terdapat di bagian bawah TKU.

TKU-Pramuka-Penegak
Pramuka Penegak Putri dengan TKU di pundaknya
TKU Pramuka Penegak Bantara dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak Bantara. Pun Tanda Kecakapan Umum Laksana dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan SKU dan dilantik menjadi Penegak Laksana.

Bentuk, Ukuran, dan Pemakaian TKU Penegak

Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penegak berupa tanda pundak yang dibuat dari kain dengan warna dasar hijau tua dengan tulisan dan gambar dibuat dengan sulaman atau logam berwarna kuning emas. TKU berbentuk trapesium berwarna dasar hijau tua dengan panjang sisi bawah 5 cm, sisi atas 4 cm dan panjang kaki miring kiri dan kanan masing-masing 7,5 cm.

Di dalam bidang trapesium terdapat gambar bintang sudut lima di bawahnya terdapat sepasang tunas kelapa yang berlawanan arah dan di bawah tunas kelapa terdapat tulisan BANTARA (untuk TKU Penegak Bantara) atau LAKSANA (untuk TKU Penegak Laksana).

Tanda Kecakapan Umum Penegak dipakai atau dikenakan di pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri baik pada pramuka penegak putri maupun putra.

Gambar-TKU-Bantara-Laksana
Gambar TKU Pramuka Penegak Bantara dan Laksana

Arti Kiasan TKU Pramuka Penegak

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak mengandung arti dan makna kiasan sebagai salah satu unsur pendidikan dalam kepramukaan. Arti kiasan dari TKU Penegak adalah sebagai berikut:
  • Bintang bersudut lima mempunyai arti bahwa Pramuka Penegak  bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa dan bermoral Pancasila. 
  • Tunas kelapa yang berlawanan arah mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerak  Pramuka Penegak putra dan putri yang sedang membina dirinya sebagai mahluk pribadi, sosial dan mahluk Tuhan menuju cita-cita bangsa. 
  • Tanda di pundak mengibaratkan tanggung jawab yang tidak ringan yang harus dipikulnya sebagai anggota Gerakan Pramuka dan kader pembangunan bangsa dan Negara. 
  • Bantara mengandung pengertian kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral Pancasila. Calon pemimpin bangsa dan negara yang masih belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin.  
  • Laksana mengandung arti pemimpin muda yang sudah  sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara serta mempunyai tanggungjawab yang lebih besar. 
Sekali lagi, TKU Pramuka Penegak bukan sekedar tanda yang menjadi penghias pakaian seragam pramuka belaka, namun di dalamnya terkandung maksud dan arti yang mencerminkan sikap dan tanggung jawab pramuka yang mengenakannya.

Add Comments


EmoticonEmoticon