Thursday, September 18, 2014

Cara Membaca dan Membuat Sandi Arab

Menambah artikel tentang scouting skill atau teknik kepramukaan, kali ini Blog Pramukaria menulis tentang cara membaca dan membuat Sandi Arab. Sandi Arab merupakan salah satu yang mudah, baik dalam membuatnya maupun membacanya. Meskipun mudah dibuat dan dibaca, Sandi Arab tergolong sandi yang cukup mengasyikkan untuk dipecahkan. Dan tentu saja, bagi anggota pramuka yang kurang memahaminya, memecahkan teknik kepramukaan bidang sandi ini akan cukup merepotkan juga.

Sesuai dengan namanya, Sandi Arab terinspirasi dari tata penulisan huruf arab yang digunakan dalam bahasa Arab. Bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama yang beragama islam, aksara arab bukanlah hal yang asing lagi. Karena huruf dan bahasa arab dipergunakan dalam berbagai ibadah bagi umat islam.

Mengenali dan Memecahkan Sandi Arab


Sandi Arab, sebagai salah satu scouting skill (teknik kepramukaan) mempunyai beberapa ciri yang dapat dikenali. Sandi ini terutama dapat dikenali dari kata kunci yang biasanya mengandung kata-kata yang terkait dengan 'arab', negara dan kota di daerah arab, kitab suci Al Quran, ataupun ibadah yang terkait dengan negara arab atau huruf dan bahasa arab. Kata-kata yang terkandung dalam sandi arab tersebut diantaranya adalah 'arab, Saudi Arabia, Mekkah, Medinah, Al Quran, haji, membaca Al Quran, mengaji, dan lain sebagainya.

Baca juga :



Sedangkan kata kunci yang bisa digunakan dalam Sandi Arab ini, contohnya adalah :

  • Ayahku pergi menunaikan ibadah haji
  • Jangan lupa untuk membaca Al Quran setiap hari
  • Ka'bah terletak di kota Mekkah
Contoh sandi Arab, silakan lihat gambar berikut ini :

Sandi Arab
Contoh Sandi Arab

Untuk cara membaca dan membuat Sandi Arab sebagaimana contoh di atas, simak dulu video tutorial cara membaca dan membuat Sandi Arab berikut. Klik pada tombol play (segitiga di bagian tengah) untuk mulai memutar video.


Cara membacanya tidak sulit. Cukup dengan menerapkan cara membaca huruf atau kata dalam bahasa arab yang memang berkebalikan dengan huruf latin.

Add Comments


EmoticonEmoticon