Monday, April 10, 2023

Arti Kiasan Lambang Kwartir Daerah Sumatera Selatan

Arti kiasan lambang Kwartir Daerah Sumatera Selatan merupakan lambang Kwarda Sumatera selatan beserta arti kiasan yang terkandung di dalam lencana daerah ini. Setiap lambang Kwarda tentunya diciptakan berdasarkan ciri khas, aspirasi, semangat, dan cita-cita anggota pramuka di Kwartir Daerah tersebut. Termasuk arti lambang Kwarda Sumatera Selatan.


Lambang Kwartir Daerah dipasang juga pada pakaian seragam pramuka sebagai lencana daerah yang merupakan bagian dari Tanda Satuan Gerakan Pramuka dalam sistem Tanda Pengenal Gerakan Pramuka. Pemasangannya pada lengan baju sebelah kanan.


Kwartir Daerah Sumatera Selatan sendiri merupakan salah satu kwartir daerah yang terdapat di pulau Sumatera. Dalam sistem administrasi Gerakan Pramuka, Kwarda ini diberi kode dengan angka 05 (V). Baca: Daftar Kode Kwartir Daerah Se Indonesia


Arti Lambang Kwarda Sumatera Selatan

Kwarda yang terdiri atas 17 Kwartir Cabang ini memiliki lambang lencana daerah yang didominasi warna kuning, putih, hijau, dan biru laut. Baca: Daftar Nomor Kode Kwartir Cabang se Sumatera Selatan


Menurut sejarahnya, lambang Kwarda Sumatera Selatan diciptakan oleh Kak R. Soetarto Amidjojo (Kak Jenggot) pada tahun 1963.


Bentuk Lambang Kwarda Sumatera Selatan


Seperti lambang Kwarda lainnya, lambang atau lencana daerah Kwarda Sumatera Selatan berbentuk perisai. Di bagian atasnya tertulis nama kwartir daerah, Sumatera Selatan, berwarna merah dengan dasar warna kuning.


Di bagian bawahnya terdapat gambar gunung berwarna hijau yang menggambarkan Pegunungan Bukit Barisan yang melintasi Sumatera Selatan. Terdapat juga gambar jembatan berwarna putih dengan dua menara tinggi yang menunjukkan keberadaan Jembatan Ampera yang melintasi di atas Sungai Musi.


8 garis sejajar berwarna biru yang melambangkan Sungai Musi atau Batanghari Sembilan, yaitu 8 sungai besar yang bermuara di Sungai Musi. Kedelapan sungai tersebut meliputi Sungai Komering, Sungai Rawas, Sungai Leko, Sungai Lakitan, Sungai Kelingi, Sungai Lematang, Sungai Rupit, dan Sungai Ogan.


Gambar api dasa darma dengan 10 lidah api berwarna merah di kanan dan kiri lambang dengan bagian bawah yang menyatu dan membentuk tiga lidah api kecil yang melambangkan tri satya.


Gambar tunas kelapa berwarna putih sebagai lambang Gerakan Pramuka.


Baca Juga: Daftar Ketua Kwartir Daerah se Indonesia


Gambar lambang Kwarda Sumatera Selatan adalah sebagai berikut.


Lambang Kwarda Sumatera Selatan

Arti dan Makna Lambang Kwarda Sumatera Selatan


Keseluruhan gambar lencana daerah Kwarda Sumatera Selatan, baik ornamen (obyek) dan warna di dalamnya mengandung arti dan makna khusus sebagai perwujudan semangat, aspirasi, dan cita-cita pramuka Sumatera Selatan.


Arti dan makna kiasan yang terkandung dalam lambang Kwarda Sumatera Selatan adalah sebagai berikut:

  • Perisai melambangkan sebagai pertahanan diri dan perlindungan serta sebagai alat penangkis dari berbagai ancaman.
  • Bukit berwarna hijau, menggambarkan deretan Pegunungan Bukit Barisan yang melintasi Sumatera Selatan sekaligus bermakna kesuburan tanah Sumatera selatan yang menjadi kekuatan utama bagi masyarakat dalam berbakti kepada nusa bangsa dan tanah air.
  • 8 garis sejajar yang melambang Sungai Batanghari yang mengalir ke semua pelosok Sumatera Selatan memiliki makna kemakmuran warga Sumatera Selatan sekaligus irama yang dinamis dan senada yang menyatu padu dalam derap langkah memesona.
  • Jembatan Ampera dengan dua menara yang berdiri tegak dan kokoh bermakna sebagai sarana untuk mebapai tujuan dan cita-cita yang luhur.
  • Tunas kelapa atau cikal sebagai lambang Gerakan Pramuka dengan kesemua arti kiasannya. Baca: Arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka.
  • 10 Lidah Api Dasadarma melambangkan satya darma pramuka dan trisatya sebagai kode kehormatan Gerakan Pramuka.

Sedang untuk warna-warna dalam lambang Kwartir Daerah Sumatera Selatan memiliki arti kiasan:
  • Kuning, melambangkan kejayaan dan kebesaran
  • Hijau, melambangkan kesuburan, perlindungan, dan ketentraman
  • Putih, melambangkan kesudian, kebersihan, kepolosan, dan kebenaran
  • Biru Laut, melambangkan kemantapan, kewaspadaan, dan ketenangan
  • Merah, melambangkan keberanian dan patriotisme

Baca Juga:

Dengan memahami makna dan arti kiasan lambang Kwarda Sumatera Selatan bisa menjadi inspirasi dan semangat bagi setiap pramuka di Sumatera selatan untuk senantiasa teguh menjaga dan melestarikan semangat jiwa kepemimpinan dan kepahlawanan yang pantang menyerah. Tangguh, selalu siap sedia, dan suka rela berbakti dan mengabdi demi kepentingan nusa bangsa dan tanah air, Indonesia.

Add Comments


EmoticonEmoticon