Monday, April 3, 2023

Berapa Biaya Ikut Raimuna Nasional 2023

Tidak sedikit yang bertanya, berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti Raimuna Nasional XII Tahun 2023? Apakah ada biaya khusus yang harus dibayarkan ataukah malah gratis jika ingin mengikuti Raimuna Nasional 2023.


Raimuna Nasional atau disingkat Rainas adalah pertemuan pramuka terakbar bagi Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia. Rainas XII 2023 akan digelar selama 8 hari, mulai tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Sebagai sebuah kegiatan kepramukaan tingkat nasional, Rainas XII akan diikuti oleh para Penegak dan Pandega perwakilan semua Kwartir Cabang se-Indonesia.


Kembali ke pertanyaan awal, berapa biaya untuk ikut Raimuna Nasional XII 2023?


Biaya Raimuna Nasional 2023
Elemen foto dalam ilustrasi: IG @dhigdayanihar

Dalam setiap kegiatan setiap peserta biasanya akan dikenai Camp Fee. "Camp Fee", jika diterjemahkan berarti "Biaya Perkemahan" yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh setiap peserta agar dapat mengikuti kegiatan tertentu serta mendapatkan fasilitas-fasilatas yang disediakan selama kegiatan.


Merujuk pada Petunjuk Pelaksanaan Raimuna Nasional XII, setiap peserta harus membayar biaya kegiatan (camp fee) sebesar Rp850.000 (delapan ratus lima puluh ribu rupiah). Hal ini tercantum dalam Juklak Raimuna Nasional Bab VI Administrasi Poin C.


Dimana disebutkan bahwa Peserta membayar biaya kegiatan sebesar Rp 850.000,-/orang. Sedang untuk Pimpinan Kontingen, Sekretaris, Petugas anjungan, staf kontingen, Pembina Pendamping, dan Dokter Kontingen membayar biaya kegiatan sebesar Rp 1.000.000,-/orang.


Dengan membayar camp fee tersebut, selain dapat mengikuti kegiatan, setiap peserta akan memperoleh fasilitas yang meliputi kaos polo, scarf, topi, daypack, ID card, piagam, Tiska, paket wisata, dan natura (bahan makanan).


Selain camp fee sebagaimana di atas, setiap peserta bisa jadi memerlukan biaya lain sesuai dengan kontingen (kwarcab) masing-masing. Biaya tersebut seperti biaya selama latihan dan persiapan, biaya perjalanan (pulang pergi), serta biaya untuk melengkapi perlengkapan dan peralatan setiap peserta dan kontingen seperti seragam pramuka, jaket kontingen, dan lain-lain.


Baca: Sejarah dan Daftar Pelaksanaan Raimuna Nasional


Dari bermacam jenis biaya tersebut lalu berapakah yang harus dibayar oleh setiap peserta?


Total biaya yang dibutuhkan dan harus ditanggung oleh setiap peserta tentu tergantung masing-masing Kwartir Cabang yang mengirimkan. Kwarcab tentu akan membuat kalkulasi total biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan Kontingen Raimuna Nasional XII, berapa yang bisa ditanggung oleh Kwartir Cabang termasuk jika mendapatkan dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten/Kota atau sponsor-sponsor lainnya.


Baca: Cara dan Syarat Mengikuti Raimuna Nasional 2017


Biasanya saat seleksi peserta di tiap Kwartir Cabang sudah disediakan form daftar biaya yang dibutuhkan untuk memberangkatkan kontingen dan berapa biaya yang masih harus ditanggung (dibayar) oleh setiap peserta.


So, bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang akan mengikuti Raimuna Nasional XII tahun 2023, baik yang sudah lulus seleksi maupun akan mengikuti seleksi, ada baiknya untuk menanyakan ke Kwartir Cabang ataupun Dewan Kerja Cabang masing-masing terkait berapa biaya yang harus dibayar untuk ikut Raimuna Nasional 2023 termasuk fasilitas apa saja yang akan diterima oleh setiap peserta.

Add Comments


EmoticonEmoticon